TRAINING  JURNALISTIK  TINGKAT  DASAR

ANGKATAN  05,  TAHUN  2018

 

Extra kurikuler Jurnalistik  SMK Negeri 3 Jombang pada tanggal 16-17  Oktober 2018, mengadakan Training Jurnalistik Tingkat Dasar (TJTD) angkatan ke lima,  bagi siswa-siswi baru kelas  X,  yang diikuti oleh 20  orang, bertempat di aula atas. Panitia pelaksana adalah kakak-kakak jurnalis kelas XI berjumlah 7 orang, dengan pengarahan Bapak Sugiharto selaku Pembina OSIS dan Bu Nurani sebagai Pembina Extra Jurnalistik.

TJTD  diadakan setiap tahun,  terutama dimaksudkan untuk mencari kader penerus jurnalis baru. Jurnalis baru siswa kelas X,  yang akan meneruskan tongkat estafet tugas peliputan dan penulisan berita tentang event-event penting sekolah, sebab jurnalis yang kelas XI pasti akan meninggalkan lokasi sekolah beberapa bulan lamanya kalau mereka melaksanakan praktek kerja industri. Hasil tulisan berita dari jurnalis akan dimuat dalam majalah JURNAL ESTEEM edisi  05 dan di upload di website sekolah.

Setelah makan siang bersama terlebih dahulu, TJTD ke-5  diawali oleh pembawa acara yaitu Nur Ilma ( kelas XI DPIB 2), dilanjutkan laporan Ketua Panitia oleh Muh. Rifky Effendy  (kelas XI DPIB 2).   Kemudian training ini dibuka oleh Pembina OSIS, Bapak Sugiharto. Pada sambutannya,  disampaikan bahwa suatu saat tidak menutup kemungkinan, anak-anak extra jurnalistik akan melakukan kunjungan ke kantor surat kabar RADAR atau JAWA POS di Jawa Timur, demi menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan jurnalistiknya.

Pada hari pertama, Selasa 16 Oktober 2018 materi yang disampaikan masih bersifat teoritis. Sebagai narasumber yang menyampaikan materi antara lain Ibu Budi Susilowati, S.Pd. (Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia) dan Bu Nurani sendiri .

Tujuan TJTD  adalah membekali siswa peserta training  dengan materi tentang :

  • jurnalistik secara umum
  • jenis -jenis tulisan dan ciri-ciri berita
  • teknik wawancara dan dokumentasi
  • teknik penulisan berita
  • passion, caption, capture news and events.

Kegiatan  training hari pertama ini, diakhiri pada pukul 16. 45 WIB

Keesokan harinya,  kegiatan peserta training adalah praktek membuat naskah berita. Yang bertugas sebagai pembawa acara pada hari kedua TJTD  angkatan 05  ini yaitu Fakih Yulianto (kelasXI  DPIB 1).

Bu Nurani membagi peserta menjadi 4 kelompok, dengan masing-masing terdiri dari 5 orang. Topik berita  yang harus mereka tulis adalah peristiwa yang baru saja terjadi di lingkungan SMK Negeri 3 Jombang,  dan merupakan pengalaman pertama bagi peserta, yaitu :

  • Lomba Kebersihan danKeindahanKelas
  • Training Jurnalistik Tingkat Dasar – Angkatan 05
  • Ujian Tengah Semester Secara Online
  • Pelantikan OSIS