Akhir tahun 2016, SMKN 3 Jombang menjalin kerja sama dengan MikroTik Academy. Program MikroTik Akademi merupakan program yang ditujukan untuk institusi pendidikan setingkat SMK yang memiliki Jurusan Teknik Komputer Jaringan atau Sekolah Tinggi (STMIK, Universitas, Institut, dll) yang berniat untuk memasukkan MikroTik ke dalam kurikulum pembelajaran di sekolahnya.

Penyerahan bantuan 20 MikroTik RouterBoard kepada SMKN 3 Jombang

SMKN 3 Jombang berhasil menjalin kerja sama dengan MikroTik Academy setelah memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya adalah:

  1. Memiliki laboratorium / ruang praktek yang representatif dan akses internet yang stabil untuk praktik pembelajaran MikroTik
  2. Sekolah telah memiliki Trainer bersertifikat Trainer Academy (ACTR) dimana trainer ini telah memiliki sekuran-kurangnya telah lulus level dasar MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) dan Salah satu Skill Advanced dengan skor minimal 75.
  3. Sekolah telah mengirimkan dan menandatangani Mou dengan MikroTik di Latvia.

Sekolah yang telah bekerja sama dengan MikroTik dapat membuat Kelas MikroTik dimana pada kegiatan pembelajarannya, lebih banyak diarahkan pada kegiatan praktik menggunakan LAB layaknya Pelatihan Sertifikasi MikroTik dengan komposisi 30% teori dan 70% praktek.

Pada akhir pembelajaran akan dilaksanakan Ujian sertifkasi untuk mengukur kemampuan siswa. Siswa yang berhasil lulus ujian sertifikasi akan mendapatkan sertifikat MikroTik dari Latvia dan berlaku secara Internasional.

Keuntungan sekolah yang telah menjadi MikroTik Academy antara lain :

  1. Sekolah bisa melaksanakan ujian sertifikasi MikroTik untuk siswanya dan siswa akan mendapatkan sertifikat dari MikroTik apabila dinyatakan lulus dalam ujian.
  2. Sekolah mendapatkan bantuan 20 unit Routerboard sebagai media pembelajaran di kelas.
  3. Nama sekolah akan terdaftar pada website / portal resmi MikroTik sebagai MikroTik Academy.

Saat ini SMKN 3 Jombang telah memiliki Trainer yang telah tersertifikasi MTCNA dan MTCRE. Selain itu SMKN 3 Jombang juga memiliki beberapa tenaga pengajar yang memiliki kompetensi yang baik dalam bidang jaringan komputer, terutama MikroTik. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh tenaga pengajar tersebut, maka SMKN 3 Jombang siap menjadi MikroTik Academy dan menyelenggarakan training serta uji sertifikasi untuk siswa-siswinya.

Diharapkan dengan adanya kerja sama antara MikroTik dan SMK Negeri 3 Jombang, maka SMK Negeri 3 Jombang mampu mencetak lulusan yang berkualitas dengan kompetensi yang diakui oleh dunia industri secara global. Amin