WISUDA PURNAWIYATA SMK NEGERI 3 JOMBANG

Prosesi wisuda purnawiyata SMK Negeri 3 Jombang selesai dilaksanakan dan berjalan lancar. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 09 Mei 2018 bertempat di Aula SMKN 3 Jombang. Acara dimulai pada pukul 07.00 dengan kehadiran Wali murid dan siswa – siswi SMKN 3 Jombang yang sudah berdatangan menempati tempat duduk masing – masing. Acara tersebut dibuka oleh Pembawa Acara dari siswa Ekstra Teater dengan karakter Besut dan Rusmini. Pembukaan berjalan lancar dengan gelak tawa para penonton mendengar canda’an Pemain Besut dan Rusmini.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Acara hiburan ditampilkan di awal acara, diawali dengan sebuah penampilan dari Ekstra Musik SMK Negeri 3 Jombang. Group pertama dari PLASMA Band dan  group kedua dari Mounting Band. Tak lupa untuk mengabadikan moment yang berbahagia ini semua guru melakukan sesi foto di atas panggung. Acara dilanjutkan dengan Penampilan Tari Remo yang dibawakan oleh Soba siswi kelas XI – TGB2 SMK Negeri 3 Jombang. Acara hiburan berganti menjadi acara inti dengan bergantinya Pembawa Acara menjadi Fufah dari Kelas XI – TKJ dan Adji dari Kelas XI – TGB1.

Pukul 09.30, Acara inti dari Purna wiyata SMKN 3 Jombang dilaksanakan, dibuka dengan datangnya Kepala Sekolah dan Tamu Undangan yang didampingi oleh Pasukan Pengibar Bendera. Beliau berangkat dari Kantor SMKN 3 Jombang menuju Aula, saat diaula Tari Remo juga hadir untuk memeriahkan kedatangan Kepala Sekolah dan Tamu Undangan. Acara selanjutnya yaitu penghormatan kepada Sang Saka Merah – Putih yang dilakukan oleh petugas Paskibra dengan semua undangan berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara selanjutnya yaitu acara yang paling dinanti oleh para wisudawan – wisudawati yaitu Prosesi Wisuda diawali dari kelas Bangunan. Para wisudawan berjalan satu – satu naik ke atas panggung sesuai nama yang dipanggil oleh Pembawa Acara. Diatas panggung para wisudawan – wisudawati diberikan  dan bersalaman dengan Kepala Sekolah beserta Komite Sekolah.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, diawali dari sambutan perwakilan wisudawan yaitu Theofilus Trio Winoto Kelas XII TGB1, beliau mengucapkan terima kasih kepada para guru dan tak lupa dia meminta maaf atas kesalahan yang pernah diperbuat oleh siswa – siswi selama masih sekolah di SMKN 3 Jombang. Untuk ucapan terima kasih dan maaf dia membawakan lagu dengan judul Berbela Kasih.

Sambutan dilanjutkan oleh Bapak Drs. Suparwoto, beliau juga mengucapkan terima kasih dan minta maaf atas tingkah laku anak – anaknya kepada bapak ibu guru. Sambutan dilanjutkan dari Cabang Dinas Pendidikan Kab. Jombang, yang diwakilkan oleh Bapak Mahdi. Beliau sangat bangga kepada siswa dan siswi SMKN 3 Jombang karena berhasil lulus 100% dari total siswa 526. Beliau juga berharap supaya ada perwakilan dari SMKN 3 Jombang yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional dijelaskan oleh beliau bahwa hanya ada 6 siswa yang berhasil mengikuti olimpiade tersebut yaitu dari sekolah SMA Darul Ulum dan SMA Negeri 2 Jombang.

Sambutan terakhir dari Bapak Drs. Gatot Wachid Widharto S.Pd. M.M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Jombang. Beliau sebagai perwakilan Guru dari SMKN 3 Jombang minta maaf apabila selama dalam proses belajar mengajar ada kekurangannya. Beliau juga sangat bangga kepada lulusan tahun ini dikarenakan bisa lulus semua tanpa terkecuali, dan ada berita yang menggembirakan juga yaitu ada 146 siswa yang sudah diterima kerja tanpa harus mengunggu ijazah. Penutupan sambutan diakhiri dengan lagu yang dibawakan oleh Bapak Gatot dengan Judul Lagu Cinta Yang Tulus khusus untuk para wisudawan dan wisudawati.

NO NAMA KELAS NILAI
1 MA’ARIF HABIBI XII TOK 343,5
2 AHMAD RIZKI XII  TKJ 341,5
3 KHOIRUL HUDA XII  TGB 321,5
4 RAHMAD EFENDI XII TITL 320,5
5 ABDUL MULUKUL XII TOI 312,5

Daftar 5 Siswa dengan Nilai UN Terbaik 

Acara Purna Siswa SMKN 3 Jombang ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh bapak Baidlowi.

Pesan dari Rizka Triani Kelas XII  TSP salah satu wisudawati SMKN 3 Jombang adalah enak Di STM dari pada SMA karena banyak cowok yang njagain, banyak yang pengertian dan enak kalau dibuat curhat ?. Untuk saran kepada pihak sekolah yaitu lebih menghargai siswa perempuan daripada siswa laki – laki meskipun di STM kebanyakan siswa laki – laki dan juga lebih memperbaiki fasilitas sekolah seperti kamar mandinya. Dilanjutkan dengan Bapak Sukomi Bowo selaku wali murid dari siswa Ardi Wilian Kelas 12 TKJ berpesan untuk tetap mempertahankan proses belajar mengajar yang sudah diberikan kepada para siswa.

Tak kalah penting pesan dari Kepala Sekolah Bpk. Gatot Wachid Widharto kepada adik kelas dari  agar siswa SMK Negeri 3 Jombang lebih giat belajar dan gemar membaca seiring dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggalakkan program literasi di sekolah.

Peliput : Tim Jurnalistik SMKN 3 Jombang