Siswa mengerjakan UTS On LINE

Inovasi dilakukan oleh SMK Negeri 3 Jombang, UjianTengah Semester berbasis Android. Disampaikan oleh Bpk Andik Minarto, S.Pd Waka Kurikulrm SMK Negeri 3 Jombang, banyak manfaat yang bisa diambil sebagai sekolah Adi wiyata tingkat Nasional, sekolah kami berusaha untuk mengurangi penggunaan  kertas, hal ini meminimalkan sampah yang ada. Manfaat lainnya menggunakan  android lebih efisien dan lebih mudah. Hampir seluruh siswa mahir dalam menggunakan android. Disamping itu setiap siswa punya android sendiri sehingga sangat positif jika kita manfaatkan.

Untuk  berjalannya UTS on-line berbasis android berjalan dengan baik, beberapa persiapan dilakukan oleh  SMK Negri 3 Jombang  karena kami memiliki jumlah rombel sebanyak 49 kelas dan jumlah siswa 1601 siswa sambung bapak Waka Kurikulum.  Langkah persiapan infrastruktur yang telah dilakukan adalah menambah akses point wifi/internet sebanyak 17 ruang.  Sedangkan alat yang dipasang adalah mikrotik RB941-2nD dan sebelum pelaksanaan ujian dilakukan uji coba hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal kata Pak Andik Minarto, S.Pd.

Bapak/ibu guru  mengupload soal-soal uts
Bapak/ibu Guru Mata Pelajaran Mengupload Soal-soal UTS

Persiapan guru menghadapi uts online, berbagai workshop/diklat pengembangan Guru telah dilakukan diantaranya, diklat pembelajaran kelas maya, diklat google apps for education dan diklat penyusunan soal dengan menggunakan moodle. Soal-soal ujian disusun oleh semua guru sesuai mata pelajarannya dan diinputkan ke moodle oleh masing-masing guru.

Teknis pelaksanaan ujian, pelaksanaan ujian mulai tanggal 24 – 29 September 2018, yang terbagi dalam 3 shift. Shift 1 untuk kelas XII, shift 2 untuk kelas X, dan shift 3 untuk kelas XI. Dengan soal sistem random. UTS online ini sepenuhnya murni menggunakan jaringan intranet sekolah dan HP android siswa. Setiap siswa mendapatkan akun dan passord untuk mengikuti ujian. Selesai ujian siswa langsung mengetahui skor yang diperoleh. Siswa yang mengalami kendala teknis pada Hpnya akan diarahkan ke Lab Komputer agar tetap dapat megikuti ujian..