Hari Rabu-Kamis, 11-12 September 2019, Extrakurikuler Jurnalistik SMKN 3 Jombang mengadakan Training Jurnalistik Tingkat Dasar (TJTD) Angkatan ke VI yang dilaksanakan di Aula Barat Atas. Kegiatan ini diikuti oleh masing-masing 2 siswa perwakilan tiap kelas X, dan tambahan beberapa siswa yang berminat.

TJTD merupakan agenda rutin extrakurikuler jurnalistik yang bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar seorang jurnalis dan mencari anggota baru untuk extra jurnalistik dari kelas X. Kegiatan ini dibuka pukul 16.00 oleh pembawa acara dan dilanjutkan oleh sambutan-sambutan dari Bapak Sugiharto sebagai Waka Kesiswaan dan Bu Budi sebagai Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik.

Pembukaan Pelatihan Jurnalistik

Pada hari pertama, Rabu 11 September 2019, materi yang disampaikan yaitu Menulis Tingkat Dasar & Pengembangannya. Pemateri untuk hari pertama ini adalah Bu Nurani. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan mendapat tugas untuk membuat daftar pertanyaan dengan menggunakan prinsip 5W1H dan membuat tulisan berdasarkan persitiwa yang baru saja terjadi di SMKN 3 Jombang. Kegiatan hari pertama ini berakhir pada pukul 17.00.

Hari berikutnya, materi yang disampaikan adalah UU ITE (Informasi dan Transaksi Elekktronik) dan Teknik Capture & Caption. Pemateri hari kedua ini adalah Bu Amiroh. Peserta diberi pengetahuan tenatang apa itu UU ITE, apa saja yang termasuk pelanggaran UU ITE, apa sanksi yang diberikan, dll. Peserta juga mendapatkan materi tentang cara pengambilan gambar (Capture) yang baik dan benar serta cara membuat Caption yang baik dan menarik.

Penyampaian Materi UU ITE

Pada penghujung acara, Bu Budi menyampaikan harapannya agar peserta TJTD VI ini dapat melaksanakan tugas dengan baik, penuh tanggung jawab, dan tanpa ada rasa terpaksa. Peserta juga diberitahu bahwa mereka akan sering meliput kegiatan-kegiatan yang terjadi di SMKN 3 Jombang, mengambil gambar, dan membuat tulisan (artikel) terkait kegiatan tersebut. Acara diakhiri dengan do’a dan foto bersama peserta dan panitia.

Tim Jurnalistik SMKN 3 Jombang