Tahun Baru Hijriyah merupakan hari yang bersejarah bagi umat islam di seluruh dunia. Melalui peristiwa besar yang ada di dalamnya, hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik. Dalam konteks masa kini, peristiwa hijrah dimaknai sebagai penanaman nilai dan semangat berhijrah untuk diri sendiri. Berani meninggalkan sesuatu yang buruk dan beralih kepada kebaikan.

Karena begitu besar dan penting, tahun baru hijriah selalu diperingati oleh masyarakat, khususnya di lembaga pendidikan. Peringatan tahun baru hijrah di SMK Negeri 3 Jombang diperingati dengan harapan agar peserta didik dapat membangun semangat yang baru, meningkatkan kualitas keimanan, dan ketakwaan menuju generasi emas serta membakar semangat baru untuk menggapai dan mengaktualisasikan cita-cita.

Kegiatan Peringatan Tahun Baru Hijriyah dilaksanakan pada Senin, 10 September 2018 yang diikuti oleh peserta didik kelas X, XI, dan XII seluruh jursan dengan jumlah 1.600 peserta. Acara yang dirancang oleh panitian PHBI tahun baru 1440 hijriah ini juga menghadirkan penceramah besar yaitu Dr. Nasrul Syarif, S. Sos.I, M.Si dengan nama populer Dr. Faqih Syarif H, M.Si dari Waru, Sidoarjo. Tidak hanya itu ada beberapa penampilan lain dari peserta didik yang tersusun dalam agenda acara yaitu pertama, penampilan grup Al Banjari dari Remas SMK Negeri 3 Jombang; kedua, pembacaan ayat suci AlQuran dan tilawah; selanjutnya diakhiri dengan ceramah dan doa oleh Dr. Faqih Syarif H, M.Si.

Tegaknya Islam di bumi nusantara ini sangat bergantung pada ada-tidaknya semangat hijrah dari umat Islam itu sendiri. Semoga dalam memasuki tahun baru Hijria 1440 ini semangat hijrah Rasulullah SAW tetap mengalir dalam jiwa sehinga semangat  meningkatkan iman-takwa istikomah untuk meraih cita-cita selalu dimudahkan dan diridai oleh Allah SWT.