Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMKN 3 Jombang

Maulid Nabi atau Maulud adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Kata Maulid atau Milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan Diba’an oleh Remaja Masjid SMKN 3 Jombang

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK Negeri 3 Jombang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 22 November 2018 di masjid Baitur Rahman SMK Negeri 3 Jombang. Kegiatan ini diisi dengan pembacaan maulid diba’ setelah magrib dan dilanjutkan dengan kajian islami tentang maulid Nabi Muhammad SAW dengan pemateri yaitu Bapak Baidlowi dan Ibu Ainani Jundah selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Jombang.

Kajian Islam oleh Ibu Ainani Jundah

Ibu Ainani Jundah memberikan ceramah tentang makna maulid Nabi Muhammad SAW. Banyak orang-orang berlomba dalam mencari syafa’ah dari Nabi Muhammad SAW serta anugrah dari Allah SWT. Karena jika mendapat anugrah, dalam keadaan apapun kita akan merasa tenang, senang di dunia maupun di akhirat. Melakukan kegiatan seperti maulid diba’, pembacaan Al-Qur’an dengan senang hati bisa memberikan kita syafa’ah.

Dilanjutkan oleh Bapak Baidlowi yang juga menyampaikan tentang sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW.,

Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling mulia diantara nabi-nabi yang lain. Karena kemuliaan beliau, sampai saat ini seluruh umat Islam di dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Beliau juga menceritakan sejarah kelahiran nabi Muhammad, dimana ibunya yang bernama Siti Aminah dalam keadaan setengah tidur setengah bangun ia bermimpi didatangi seseorang yang tidak dikenal lalu berkata “Wahai Aminah, sesungguhnya anda akan melahirkan seseorang yangakan memimpin umat manusia yang ada di Bumi ini”. Berkat kelahiran Nabi Muhammad SAW pamannya yang bernama Abu Lahab memerdekakan budak sebagai rasa bangga mempunyai ponakan laki-laki.

Setelah Nabi Muhammad SAW tumbuh besar dia benar benar menjaga dan menyebarkan agama Islam. Keadaan Mekkah yang awalnya jahiliyah beliau mampu merubah semuanya menjadi lebih baik hanya dalam kurun waktu 22 hari 2 bulan 22 hari. Anak anak nabi Muhammad SAW banyak yang sudah wafat pada waktu kecil, itu membuktikan bahwa Allah SWT sangat mencintai dan ingin menjaga kesucian Nabi Muhammad SAW.

Semoga melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. kita semua dapat belajar dari sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. dalam menyebarkan Agama Islam sebagai agama rahmatan lil aalamiin. Amin.

Reporter : Rizky Fitra, Tim Jurnalistik SMKN 3 Jombang