Kepala SMK Negeri 3 Jombang sebagai Pembina Upacara

Pada kurikulum 13,  keikutsertaan siswa baru dalam  extra kurikuler Pramuka adalah wajib, sehingga seluruh  siswa baru tingkat X secara langsung adalah calon anggota Pramuka  di ambalan sekolahnya masing-masing.  Oleh karena itu,  ada semacam  agenda kegiatan Pramuka  yang  menandai dikukuhkannya  siswa baru tingkat X menjadi anggota resmi Pramuka di gugus depan SMK Negeri 3 Jombang, yaitu yang disebut PPTA.

Peserta upacara pembukaan PPTA

PPTA adalah singkatan dari Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan,  merupakan salah satu rangkaian  kegiatan yang harus  diikuti oleh siswa baru  untuk diterima menjadi anggota GUDEP 01.237   untuk siswa laki-laki dan  GUDEP 01. 238 untuk siswa perempuan. Tujuan  diadakan PPTA untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka,  menanamkan kedisplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X, melatih kekompakan antar anggota Pramuka . Tahun ini, PPTA  diselenggarakan  pada hari Jum’at-Sabtu, tanggal 27 Juli – 28 Juli.

ajuPendirian tenda oleh peserta PPTA

Pada hari pertama kegiatan PPTA diawali dengan proses registrasi peserta perkemahan setelah sholat jum’at  di lapangan parkir  sebelah utara aula SMK Negeri 3 Jombang. Kemudian para kakak senior Pramuka melaksanakan check in di lapagan aspal sebelah selatan bengkel  jurusan Bangunan, dilanjutkan pendirian tenda .   Pada jam 15.30 diadakan upacara pembukaan di  lapangan upacara SMKN 3 Jombang.  Berlaku sebagai Pembina Upacara saat Pembukaan PPTA adalah Bapak Drs. Gatot Wachid Widharto, M. M.Pd  selaku Kepala SMK Negeri 3 Jombang.

Api Unggun di kegiatan PPTA

Usai upacara pembukaan,  dilakukan sholat ashar berjamah  seluruh peserta di masjid . Kemudian dilanjutkan dengan  pertunjukan  demo atraksi   extra kurikuler, diantaranya PASKIBRA, PRAMUKA, Teater KEJORA  dan REAPALA (Pecinta Alam).

Setelah waktu sholat isya dan makan malam, adalah  kegiatan api unggun  dan pentas seni .  Saat penyalaan api unggun,  diiringi dengan peluncuran kembang api  dan dentuman bunyi petasan . Wow, sangat kereeen  sekali. Para peserta PPTA sangat antusias. Pada sesi  ini adalah sesi yang paling seru.  Masing-masing  kelas wajib berpartisipasi dalam acara pentas seni ini. Kegiatan pensi  diadakan setelah upacara api unggun. Ada hadiah untuk pemenang pensi, untuk juara pertama dimenangkan oleh kelas  X- TITL 1, juara kedua  X- BKP 1 dan juara ketiga diraih oleh X-  TPM 1. Kegiatan pentas seni  selesai pada   tengah malam.   Jadi peserta  PPTA diharuskan  langsung pergi ke tendanya masing-masing untuk tidur.

Keesokan harinya, Minggu tanggal 28 Juli 2018 siswa kelas X / tamu ambalan ini harus bangun pukul 04.00 untuk menunaikan sholat shubuh berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih diri,  senam pagi yang  dipimpin oleh Efita Nadine dan Pak Sugiharto. Tepat pukul  06.00 seluruh siswa peserta PPTA  berbaris rapi di lapangan upacara, berderet sesuai  kelas masing-masing, dipersilakan duduk  dan  makan pagi bersama.  Selanjutnya  pembongkaran tenda dan membersihkan sampah yang ada di  area perkemahan.  Upacara penutupan dilaksanakan pukul 06.30. ada pembagian hadiah bagi pemenang pentas seni semalam.   Ada juga hadiah untuk para pemenang lomba penulisan artikel terbaik yang diraih oleh  kelas  BKP-1, DPIB-2, TAV, TITL-1, TPM-2, dan TKR-2.  Kegiatan PTA ditutup dengan sayonara,  berjabat tangan  antara peserta dengan seluruh panitia PPTA yang terdiri atas gabungan OSIS, PASKIRA dan PRAMUKA yang berjumlah 85 orang.

 

Jurnalis liputan PPTA

1. Moh. Bachtiar Antovano, XI DPIB 2
2. VIcky Susiantoko, XI DPIB 2
3. Moh. Rifki Effendy, XI DPIB 2
4. Achmad Prastito Viore, XI TPM 1