Pada hari Senin tanggal 30 April 2018, SMK Negeri 3 Jombang mengadakan kegiatan religi berupa peringatan Isra’ Mi’raj  yang diikuti oleh guru, staf karyawan dan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMKN 3 Jombang dan dipandu oleh Nur Ilma Rahmatika, siswa kelas X – DPIB 2 sebagai master of ceremony.

Nur Ilma Rahmatika, master of ceremony

Acara dibuka dengan penampilan dari ekstrakurikuler Al – Banjari SMKN 3 Jombang. Penampilan dari peserta Al Banjari ini berlangsung sangat meriah dengan alunan musik rebana yang dipadukan dengan shalawat nabi dari para personil Al – Banjari.

Penampilan Al Banjari SMK Negeri 3 Jombang

Peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini mengundang pembicara Bprk. KH. Nur Hadi, selaku pengasuh dari pondok pesantren “Falahul Muhibbin” Desa Watugaluh, Diwek, Jombang.

KH. Nur Hadi, yang juga akrab dipanggil dengan sebutan Mbah Bolong tiba di tempat acara pada pukul 09.23 dan disambut dengan iringan Sholawat Nabi oleh seluruh hadirin.

Sambutan kepada KH. Nur Hadi selaku pembicara

Selanjutnya Mbah Bolong memberi tausiah tentang peristiwa Isra’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW dan mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada para Nabi dan Rosul. Beliau juga menjelaskan kepada para hadirin tentang perbedaan makna mukjizat dan kharomah.

Tausiah oleh KH. Nur Hadi

Dalam tausiahnya beliau menyampaikan bahwa mukjizat diberikan kepada para Nabi dan Rosul,  sedangkan kharomah diberikan kepada para wali Allah. Beliau juga mengaitkan penjelasannya dengan contoh yang mengacu pada peristiwa di jaman Rosulullah dan kejadian-kejadian masa kini.

Penyampaian tausiah yang interaktif dan diselingi dengan candaan membuat materi yang disampaikan mendapat perhatian dan terserap dengan baik oleh siswa. Bahkan tak jarang siswa merespon dengan gelak tawa pada setiap materi disampaikan.

Siswa dan guru peserta kegiatan Isra Miraj

Pada akhir materinya, Mbah Bolong menyampaikan tentang keutamaan bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan menghimbau kepada siswa untuk memperbanyak amal baik, termasuk berpuasa pada bulan-bulan tersebut. Beliau juga memimpin doa bersama untuk menutup acara peringatan Isra Mi’raj tahun ini.

Doa bersama mengakhiri peringatan Isra’ Mi’raj 2018

Dengan dilaksanakannya peringatan Isra’ Mi’raj diharapkan dapat menambah kecintaan kita kepada Rasulullah dan menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Tim Jurnalis, peliput acara Isra’ Mi’raj SMKN 3 Jombang