KEGIATAN TOEIC (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION) DI SMK NEGERI 3 JOMBANG TANGGAL 16 – 17 SEPTEMBER 2022

Seperti yang kita ketahui jika bahasa Inggris adalah sebuah bahasa internasional. Tentunya di dunia yang semakin maju seperti ini kebutuhan akan penggunaan bahasa Inggris juga bisa sangat diperlukan. Tes TOEIC atau The Test of English International Communication merupakan sebuah metode uji coba bahasa Inggris. Dimana nantinya yang akan diuji coba adalah bagaimana kemampuan penggunaan bahasa Inggris dalam ranah pekerjaan dengan taraf internasional. Setiap test untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris selalu memiliki tujuan masing-masing. Baik itu TOEIC maupun TOEFL memiliki tujuan yang berbeda. Jika kalian ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan seperti universitas bergengsi dalam maupun luar negeri maka pilihlah tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa digunakan adah TOEFL. Sedangkan jika tujuan kalian adalah untuk dunia kerja yang memiliki persyaratan kemampuan bahasa Inggris, maka TOEIC adalah pilihan yang tepat. Rentang nilai dari TOEIC adalah sekitar 0 sampai 900. Sama seperti TOEFL, dalam tes ini tidak ada kondisi tidak lulus. Namun karena setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda-beda untuk nilai minimal tes TOEIC. Maka lebih baik sertifikat TOEIC yang kalian miliki setidaknya mencapai score 700 poin.

Baru baru ini, sekolah kita SMK Negeri 3 Jombang, telah mengadakan Tes TOEIC. Tes TOEIC ini dilaksanakan berdasarkan hasil tes VIERA yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 – 18 Juni 2022 lalu. Kegiatan ini melibatkan semua guru bahasa inggris sebagai bagian dari kepanitiaan. Pelaksanaan tes hanya dilaksanakan 1 shift selama dua hari, dimulai dari hari Jum’at sampai dengan Sabtu, tanggal 16-17 September 2022 yang bertempat di laboratorium komputer 2 dan 3. Tes TOEIC ini diikuti oleh sekitar 50 peserta utama dari dan 76 peserta cadangan, yang berasal dari kelas XI dan XII yang berhasil lolos dari tes VIERA. Tes TOEIC ini dilaksanakan selama 3 jam, yaitu dari jam 8.00 – 11.00 wib. 1 jam pertama digunakan untuk mengisi kode authorisation dan verivikasi data peserta TOEIC. Sedangkan 2 jam selanjutnya digunakan untuk mengerjakan soal tes TOEIC tersebut. TOEIC Listening dan Reading Test terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, listening (mendengarkan) terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan durasi waktu 45 menit. Sesi kedua, reading (membaca) terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan durasi waktu 75 menit.

Dari kegiatan TOEIC tersebut kami berharap siswa siswa dapat memperoleh score yang memuaskan sehingga Sertifikat TOEIC yang didapatkan bisa mereka pergunakan untuk terjun ke dunia kerja yang memiliki persyaratan berkemampuan bahasa inggris. (Eko)